News
PROGRAM PSKK

PELAKSANAAN PROGRAM PSKK


PERSYRATAN UJI KOMPETENSI

Informasi Persyaratan Uji


Sosialisasi

Sosialiasi Sistem Satu Kanal Negara Penempatan Saudi Arabia
 


Advertisement
 
Corporate
 
Posted : 2020-02-25 21:34:54

LATAR BELAKANG

Dalam rangka meningkatkan daya saing SDM dalam menghadapi MEA, standarisasi dan sertifikasi kompetensi kerja nasional sangatlah diperlukan. Hal ini sejalan dengan penerapan undang-undang ketenagakerjaan tentang Hak memperoleh pengakuan kompetensi kerja setelah mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh berbagai macam lembaga pelatihan kerja.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja melalui program sertifikasi terhadap calon tenaga kerja/tenaga kerja industri/perusahaan sebagai peserta uji tujuannya adalah memberikan stimulus kepada perusahaan/industri.

Dalam rangka mempercepat pengakuan pemegang sertifikasi kompetensi, yang selama ini dirasakan belum berjalan optimal. Disamping hal tersebut diatas juga untuk meningkatkan kesadaran bagi calon tenaga kerja terhadap jaminan dan pengakuan pentingnya sertifikasi kompetensi kerja.

Oleh karena itu, melalui program sertifikasi kompetensi kerja ini Lembaga Sertifikasi Profesi Pekerja Domestik Nusantara selaku lembaga yang memiliki komitmen dalam hal peningkatan kompetensi para calon tenga kerja, akan melaksanakan asesmen/uji kompetensi kepada calon tenaga kerja dibidang Pekerja Domestik.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka Lembaga Sertifikasi Profesi Pekerja Domestik Nusantara yang telah mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memberikan layanan uji kompetensi yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) dimana unit unit yang diujikan dari berbagai sektor atau bidang pekerjaan.

Proses sertifikasi berupa asesmen yang dilakukan oleh asesor yang kompeten pada bidangnya dengan cara mengumpulkan bukti bukti yang dimiliki peserta uji untuk kemudian memberikan rekomendasi hasil.

Kegiatan asesmen dilaksanakan di tempat uji kompetensi (TUK) yang telah diverifikasi oleh LSP Pekerja DomestikNusantara yang berada dilingkungan Kerja dan Sekitarnya.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dari pelaksanaan kegiatan uji kompetensi adalah membantu program pemerintah dalam mempercepat proses sertifikasi SDM calon tenaga kerja yang kompeten melalui uji kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

 Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi calon tenaga kerja dalam mendapatkan sertifikasi kompetensi, mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada permintaan industri terhadap tenaga kerja yang kompeten yang memiliki sertifikasi dan memfasilitasi kerjasama LSP – P3 dengan dunia usaha/industri dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten yang bersertifikat.

SASARAN

Menerapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kepada para calon tenaga kerja di sektor yang diajukan, yaitu :

  1. Housekeeper Malaysia Dan Brunai Darusalam
  2. Housekeeper Hongkong Dan Singapura
  3. Caretaker